Mantra Trayambakam: Keajaiban Pemurnian Spiritual

Mahamrtyunjaya Mantra atau lebih dikenal dengan Mantra Trayambakam merupakan salah satu mantra yang cukup populer bagi umat Hindu. Mantra ini disebut sebagai mantra untuk “menaklukan kematian” alias doa hidup abadi. Dari sekian banyak mantra pemujaan kepada Dewa Siwa, mantra ini dianggap satu yang paling memuaskan daya ketuhanan tertinggi (kekuatan Siwa). Kalaivani (2018) menjelaskan bahwa mantra ini memiliki banyak sebutan lain seperti Rudramantra (mengacu pada keagungan Dewa Siwa), Mantra Trayambakam (karena sebutan tiga mata Dewa Siwa), dan Mritasanjiwani (karena merupakan salah satu pemurni kehidupan).

Mantra ini bersumber dari kitab suci Reg Weda VII.59.12. Mantra ini juga disebutkan dalam kitab suci Yajur Weda III.60 dan XIV.1.17. Mantra ini biasanya dilantunkan sebanyak 108 kali pada saat Brahmamuhurta (pagi buta). Mengapa 108 kali? Dijelaskan dalam indiantimes.com, bahwa angka 1 bermakna keesaan, 0 bermakna ketiadaan, dan 8 bermakna keseluruhan. 108 juga apabila dijumlahkan angka-angkanya akan menghasilkan angka 9 alias angka tertinggi.

Teks Mahamrtyunjaya Mantra adalah sebagai berikut

ॐ त्र्यम्बकं यजामहे सुगन्धिं पुष्टिवर्धनम् |

उर्वारुकमिव बन्धनान् मृत्योर्मुक्षीय मामृतात् ॥

Oṃ Tryámbakaṃ yajāmahe sugandhíṃ puṣṭi-vardhánam
urvārukam íva bandhánān mṛtyor mukṣīya mā ‘mṛtā́t

Ya Tuhan, Yang Esa bermata tiga dan beraroma harum, yang memberi makan semua makhluk, semoga hamba terbebas dari kematian, seperti buah mentimun yang terbebas dari belenggu batangnya yang menjalar. (indiantimes.com diakses 25-11-23)

Banyak cerita yang dikaitkan dengan Mahamrtyunjaya mantra, salah satunya adalah cerita tentang Maharsi Markandya yang terhindar dari Dewa Yama (kematian) di usianya yang ke-12 karena dianugerahkan Mahamrtyunjaya Mantra oleh Dewa Siwa. Cerita lain yang dikaitkan adalah ketika Dewa Chandra dikutuk oleh Prajapati Daksa bahwasannya cahayanya akan terus merudup bahkan sirna, namun hal itu tidak terjadi karena Mahamrtyunjaya Mantra.

Dilansir dari Astrotalk.com, berikut beberapa manfaat melantunkan Mahamrtyunjaya Mantra

  1. Memberikan umur yang panjang
  2. Menjaga keseimbangan kesehatan mental dan emosional
  3. Memberi perlindungan bagi diri sendiri dan keluarga
  4. Mendapat perlindungan dari energi negatif bahkan kematian yang mendadak

Referensi

Kalaivani, M.K. (2018) Effects Of Mrityunjaya Mantra Chanting on Memory and Visual and Auditory Reaction Time of School Students. Tamil Nadu Dr. M. G. R. Medical University, Chennai, Tamil Nadu

https://astrotalk.com/mantras/maha-mrityunjay-mantra

https://www.speakingtree.in/allslides/mahamrityunjay-mantra-from-the-rig-veda

https://timesofindia.indiatimes.com/religion/hindu-mythology/heres-why-the-mahamrityunjaya-mantra-is-chanted-108-times-for-lord-shiva/articleshow/70530345.cms

Bagikan Ke

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *